Perayaan Apel HUT Ke 79 Loteng Berlangsung Meriah


Pidato pjs Bupati.pada saat Perayaan Apel HUT Ke 79 Loteng. Di
gelar sangat sederhana namun meriah |Pjs Haji Abdul Aziz SH MH| journalntbnews Dokumen|

LOMBOK TENGAH (NTB) -Mengawali sambutan ini, perkenankan saya atas nama pribadi dan pemerintah kabupaten lombok tengah mengucapkan selamat hari jadi ke-79 kabupaten lombok tengah tahun 2024. Peringatan hari jadi ini merupakan momentum yang tepat bagi kita untuk melakukan refleksi atas perjalanan yang telah dilalui untuk kemudian kita jadikan sebagai elemen pembentuk pijakan baru dalam mengambil sikap langkah yang lebih bijak di masa mendatang."Demikian disampaikan pjs Bupati Lombok Tengah Haji Abdul Aziz SH MH dalam Pidatonya pada HUT Loteng Ke 79 berlangsung di Halaman Kantor Bupati Senen 15 Oktober 2024.

Selanjutnya, bersamaan dengan ini kami juga menyampaikan terimakasih serta apresiasi yang sebesar-besarnya atas kehadiran para undangan di tempat ini dan kiranya keikutsertaan bapak/ibu sekalian dalam acara ini dapat menjadi amal ibadah dan mendapat ganjaran pahala yang berlimpah.

hari jadi ke-79 kabupaten Lombok Tengah Tahun 2024 ini mengusung tema “Lombok Tengah Harmoni dalam visi bersatu jaya”," tema ini mengandung pesan dan ajakan tentang pentingnya keselarasan, kebersamaan serta persatuan dalam mencapai kemajuan dan kejayaan bersama," jelasnya.

Selain itu Kata Abdul Aziz, tema ini dimaksudkan juga agar seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Lombok Tengah secara bahu-membahu, satu semangat dan satu tujuan yaitu mewujudkan masyarakat Kabupaten Lombok Tengah yang beriman, sejahtera, bermutu, maju dan berbudaya," Ujarnya.

"sebagaimana dimaklumi, saya dikukuhkan sebagai penjabat sementara bupati Kabupaten Lombok Tengah ini sesuai surat keputusan menteri dalam negeri selama bupati dan wakil bupati definitif menjalani cuti di luar tanggungan negara kurang lebih 2 bulan, saya bersama seluruh aparatur pemerintah daerah Kabupaten Lombok Tengah berkomitmen untuk terus mengawal prioritas pembangunan sesuai dengan kebijakan pembangunan daerah yang tertuang dalam Rpjmd tahun 2021-2026.

Perjalanan 79 tahun adalah perjalanan yang cukup panjang, dalam mengarungi perjalanan selama ini, sudah barang tentu pemerintah, pemangku amanah beserta segenap masyarakat telah banyak merasakan dan mengalami pahit-getir dan manisnya perjuangan membangun kabupaten lombok tengah, hal yang patut disyukuri bersama, bahwa perkembangan pembangunan di Kabupaten Lombok Tengah dari waktu ke waktu terus mengalami kemajuan. Berbagai capaian-capaian penting yang diraih selama kurun waktu terbentuknya Kabupaten Lombok Tengah sampai dengan saat ini, kiranya cukup untuk menggambarkan seberapa besar potensi dan kondisi daerah kita tercinta ini," kata Abdul Aziz.

Kabupaten Lombok Tengah memiliki potensi besar dalam mendukung keberhasilan visi indonesia emas 2045. dengan sumber daya alam yang luar biasa, dan didukung oleh sumberdaya manusia yang ada, kita berpeluang besar menjadi salah satu motor penggerak utama ekonomi nasional, seperti yang kita bersama raih sebelumnya yaitu menjadi Kabupaten penyangga pangan nasional yang diberikan langsung oleh wakil presiden republik indonesia di istana negara beberapa waktu lalu. termasuk ditetapkannya mandalika sebagai destinasi pariwisata super prioritas tentunya menjadi peluang besar bagi kita. alhamdulillah, dalam beberapa tahun terakhir, Kabupaten Lombok Tengah telah menunjukan berbagai capaian pembangunan yang membanggakan. per-tahun 2024 kita berhasil mencapai universal health coverage (uhc) yang memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan kepada warga Lombok Tengah, jika sakit, cukup menunjukan ktp Lombok Tengah maka akan langsung mendapatkan layanan kesehatan gratis.

kemudian angka stunting kita menurun menjadi10,91%,dibawah target Nasional yaitu 14% pemerintah terus berkomitmen untuk melakukan berbagaiprogram untuk mempercepat penurunan angka stunting ini.


Selama tiga tahun terakhir, angka kemiskinan turun 1,37%. sementara kemiskinan ekstrem mencatatkan penurunan drastis dari 3,40% menjadi 0,72%. dengan pencapaian ini, Lombok Tengah kini memiliki angka kemiskinan ekstrem terendah di nusa tenggara barat pada 2023, laju pertumbuhan ekonomi mencapai 5,77% naik dari 3,55% pada tahun 2022. pertumbuhan ini menjadi yang tertinggi di provinsi ntb, di dorong oleh peningkatan sektor pariwisata, pertanian dan pembangunan infrastruktur atas laporan keuangan pemerintah daerah, kita meraih opini wajar tanpa pengecualian 12 kali berturut-turut dari bpk RI seluruh desa di lombok tengah telah mencapai status mandiri, maju dan berkembang yang berikan langsung penghargaan oleh kementerian pedesaan dan daerah tertinggal Republik Indonesia 15 juli lalu dan masih banyak capaian-capaian lainnya.

"Tentu, semua capaian ini bukan hanya kerja pemerintah, melainkan juga usaha seluruh masyarakat lombok tengah. Loteng kini telah menunjukkan pesonanya, tidak hanya kancah Nasional, kini kita juga menjadi perhatian dunia.

kali ke-3 MotoGP yang baru saja usai terlaksana di mandalika meninggalkan corak kenangan yang manis. bagaimana tidak, perhelatan MotoGP kali ini jauh lebih baik dari tahun sebelumnya, mulai dari pelayanan, peningkatan jumlah penonton, pengaturan lalu lintas, parkir, infrastruktur, jaringan utilitas sampai dengan penyediaan transportasi, tentunya ini berkat kebersamaan dan persatuan dari semua stakeholder, pada kesempatan ini juga kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang turut serta mensukseskan giat motogp 2024 kemarin. Semoga kedepannya perhelatan ini dapat terus mendongkrak perekonomian  indonesia pada umumnya, NTB dan Lombok Tengah Khususnya," terangnya.

Pjs Bupati jug menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap tamu undangan dan peserta yang telah menghadiri acara ini. kehadiran bapak ibu sekalian adalah kado terindah bagi kami, karena kami yakin bahwa kehadiran bapak ibu adalah bentuk cinta bagi daerah dan masyarakat lombok tengah,"ucapan yang sama kami sampaikan kepada segenap masyarakat Lombok Tengah, yang senantiasa mengiringi kami dengan doa dan dukungan untuk membangun lombok tengah tercinta," pungkasnya.

Apel hari jadi Ke -79 Kabupaten Lombok Tengah dengan motto Tatas Tuhu Trasna, sangat Meriah. Ada yang unik dalam Upacara tersebut yaitu semua Pejabat Menggunakan Pakaian Adat Has Sasak kabupaten Lombok Tengah. Dalam perayaan apel tersebut Paslon Bupati-Wabup HL.Pathul Bahri, Dr. NursiahTerlihat Hadir, demikian juga tampak hadir Calon Gubernur NTB Dr. Lalu Muhammad  Iqbal. (**)